Anda lagi berada di Item Page

Supaya tidak bingung waktu baca post, welcome text sengaja saya hilangin. Selamat membaca! Untuk kembali ke halaman utama, kluk..eh..klik disini!
 
- Magi
 

About Magi

Siapa saya? Saya Magi, mahasiswA Studio Seni Patung - IhTehBe. Kenalin....
Anehnya kalau anda terus baca boks tentang saya, berarti anda bener-bener penasaran sama saya.
Merhatiin juga kalo teksnya berubah? Wah hebat euy! Berarti mata Anda sangat teliti..hehehe..
Jadi intinya sih masih sama, biodata saya. Di halaman depan ada yang agak lengkap. Tapi kalo mau yang paling lengkap klik box dibawah

Portofolio

 
 
Nov 4, 2006

Pengetahuan Blog #7: Statistic


Wuih, saya jadi seneng nih kalo ngomongin statistik. Siapa yang gak seneng statistik? Pasti banyak yang setuju dan gak setuju. Lepas dari pro ato kontra, mari kita cek fungsi sebenarnya. Yang udah lulus dari SMA pasti ngertilah apa itu statistik, tapi statistik itu berguna sekali buat blog. Penyedia statistik gratis yang berkelas, kayak StatCounter.com, itu bisa supply kita berbagai informasi penting dari yang simple sampai yang rumit.

Data yang paling simpel mungkin jumlah pengunjung hingga saat ini. Perkembangannya bisa berupa data seperti grafik jumlah pengunjung harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan. Pasti bertanya, buat apa itu semua? Mirip sama fungsi counter, mengetes seberapa menariknya blog kita dilihat dari jumlah pengunjung. Satu sampai sepuluh visitor per hari menurut saya sudah lumayan, tapi angka itu harus stabil yah...Lebih? Wah hebat tugh..

Data intermediate dari statistik buat saya itu jumlah new visitor, jumlah old visitor, view length. New visitor berarti pengunjung yang baru pertama kali datang ke blog kita, sedangkan old visitor tuh pengunjung yang berkunjung lagi. Kalo diliat-liat, saya biasa untuk mempertahankan rasio new visitor dan old visitor, kalo yang satu naek yang lain juga harus dinaekin. Trus, view length itu seberapa lama orang melototin blog kita. Makin lama berarti makin bagus!

Data yang terbilang rumit, IP address, country, resolution, OS, browser, flow. Mmm...banyak juga yah yang harus dijelasin. Intinya begini, saya memakai data-data tadi sebagai acuan dasar untuk disain template. Paling sering mungkin resolusi dan jenis browser, jadi saya buat template berbasis 1024 ato 800 di IE ato FireFox. Yah kira-kira seperti itu lah.

Saya sering banget pake statistik yang invisible, biar gak ngerusak desain tapi masih bisa pantau trafic. Hehehe...So, saya pribadi orang seni rupa, variabel yang bisa jadi barometer selalu saya perhitungkan dalam mendisain dan maintaining. Kalo saya pribadi tidak terlalu menganjurkan untuk pakai webstat. Kalo pengen saran, pake Google Analytics, itu paling lengkap tapi paling susah daftar (karena approval account saja harus tunggu 2-3 minggu). Well, selamat berkutat dengan statistik.

Labels:

Ditulis oleh Magi @ 00:07 | 0 komentar

Ada 0 komentar
 

Post a Comment

 

Latest News

Supported By

Terima Kasih atas karunia konsepnya!

Powered by Blogger

Photobucket.com image hosting and photo sharing http://oggix.com/oggix-credit.gif

Friend

Shoutbox

Name :
Web URL :
Message :